Membangun komunitas online di social media memerlukan
waktu yang tidak singkat. Semakin besar usaha yang kita lakukan di social
media maka semakin besar juga hasil yang akan kita dapatkan. Namun sayangnya
banyak orang yang ingin mendapatkannya secara instan.
Kunci untuk meningkatkan pengaruh
merek di social media adalah dengan membuat konten yang bisa menarik untuk
para fans/follower kita, lalu melakukan interaksi dengan mereka melalui konten
tersebut. Berikut ini beberapa tips untuk meningkatkan pengaruh merek kita di social
media.
1. Carilah Kesempatan untuk Membangun Merek Kita
Kita harus cerdas melihat peluang yang ada untuk membangun merek.
Di social media hal yang pertama kita lakukan adalah berbagi. Jika kita langsung
berjualan ketika baru masuk social media, maka tentunya orang – orang
akan menjauhi merek kita. Untuk membangun merek kita di social media kita
juga harus membangun kerjasama dengan influencer yang sesuai dengan
target market kita.
Selain itu, kita juga harus menjadi seorang expertise
di bidang yang sesuai dengan produk yang kita tawarkan. Untuk menunjukkan expertise
kita, kita harus membuat konten yang berkualitas dan tentunya sesuai dengan interest
dari para calon audience kita.
Dengan begitu, apabila calon audience
kita sudah tertarik dan berinteraksi dengan konten yang kita bagikan, maka dengan
sendirinya mereka akan menganggap kita sebagai seseorang yang expert di
bidang tersebut. Tentunya hal ini akan membuat pengaruh kita di social media
menjadi semakin meningkat dan merek kita pun akan semakin dipercaya.
2. Bekerjasamalah dengan yang Lain
Akan selalu ada hal yang baru di digital marketing, begitu
pula di social media. Oleh sebab itu, kita harus berpikiran terbuka saat
masuk ke social media dan terus belajar. Selain itu, social media
memungkinkan kita untuk saling bekerjasama untuk membangun suatu komunitas dan
tentunya dengan adanya komunitas tersebut bisa membantu kita dalam membangun merek
di social media.
3. Selalu Positif dan Konsistenlah dalam Berbagi
Saat membangun pengaruh di social media maka kita
harus membangun komunikasi yang positif dengan audience kita. Kita harus
menganggap akun social media merek kita seperti saluran televisi yang
menyenangkan, menarik, dan positif, sehingga audience kita selalu
tertarik untuk mengecek update-an dari kita.
Jika hal ini terus kita
pertahankan dengan konsistensi membagikan konten yang bermanfaat, maka akun social
media kita akan semakin memiliki pengaruh yang cukup kuat terhadap
pengembangan merek kita.