Banyak UKM yang sudah merambah ke social media.
Biasanya mereka melakukan beberapa promosi melalui social media ini. tapi
beberapa dari mereka tidak bisa menciptakan strategi promosi melalui social
media yang bisa menarik pengguna social media. Berikut ada 5
cara unik untuk menciptkan promosi &
membangun marketing di social
media :
1. Jadilah Hal yang Unik
Mencerminkan Produk Anda
Contoh Nike
menunjukkkan pentingnya mengambil pendekatan dengan fans yang unik
melalui social media. Nike menggunakan
gambar foto atlet olahraga dalam foto tersebut. Nike
berusaha untuk menunjukan bahwa mereka memiliki hubungan yang dekat dan kerja sama dengan
sebagian besar atlet yang mereka jadikan sebagai iklan di social media melalui foto tersebut.
Perlu diingat bahwa setiap upaya pemasaran social media harus konsisten yang
mempunyai nilai positif.
2. Terlibat Interaktif dengan Follower
Jika Anda ingin melakukan promosi unik di social media, Anda
harus melakukan survei pengguna social media. Cari
tahu jam berapa pengguna
social media, khususnya target follower Anda, aktif di social media. Setelah
Anda tahu, susunlah kampanye marketing tentang info yang
berkaitan dengan produk Anda, libatkan follower Anda untuk membangun
percakapan interaktif.
Misalnya melakukan interaktif tentang memberikan pertanyaan pilihan tentang produk yang sering digunakan oleh
fans Anda, dengan melakukan pertanyaan tersebut Anda bisa tahu mengenai
produk Anda yang sering digunakan oleh konsumen Anda.
3. Anda Harus Punya Tim Khusus
Untuk menciptakan
kampanye pemasaran online di social media Anda harus membangun tim
khusus yang menguasai bidang tersebut untuk social media seperti Twitter,
Facebook, dan web perusahaan Anda.
4. Gunakan Platform Selain dari Twitter & Facebook
Penelitian telah
menunjukkan bahwa Facebook memiliki lebih dari 1 miliar pengguna aktif bulanan
di seluruh dunia, sedangkan Twitter memiliki 200 juta pengguna lebih.
Jadi jelas dalam
menciptakan kampanye, Anda harus aktif di kedua social media tersebut. Namun, bukan
berati Anda melupakan situs social media lainnya, seperti Youtube, Google, dan social media yang sudah banyak
digunakan oleh pengguna.
5. Promosikan
Produk jangan Berlebihan
Perlu diingat bahwa social media diciptakan bukan hal
utama untuk mencari untung terus beriklan. Social media itu adalah sebuah
alat yang akan memungkinkan orang untuk terhubung dan berbagi konten yang
mereka sukai.
Jadi cukup mudah
untuk memahami pengguna social media, rata-rata pengguna social media tidak suka di
bombardir dengan banyaknya iklan yang tampil.
Di social media tidak melulu promosi, Anda harus mengedukasi dan berbagi hal-hal yang bermanfaat.