Tanda Bahwa KIta Melakukan Kesalahan Dalam Memanfaatkan Social Media Untuk Bisnis


Ada perbedaan yang cukup besar antara memanfaatkan social media karena hanya mengikuti tuntutan bisnis zaman sekarang dengan memanfaatkan social media karena kita tahu manfaatnya untuk bisnis kita. Apabila kita salah dalam memanfaatkan social media maka apa pun yang kita lakukan di social media tidak akan memberikan dampak apa – apa pada bisnis kita.
Berikut ini adalah beberapa tanda bahwa kita telah salah dalam memanfaatkan social media.
1. Tidak Melakukan Update Secara Berkala
Salah satu hal yang penting diperhatikan dalam memanfaatkan social media untuk bisnis adalah  konsistensi dalam melakukan update status. Karena apabila fans atau follower yang melihat akun social media kita tidak melakukan update status dalam waktu yang cukup lama maka ke depannya mereka akan menjadi tidak tertarik untuk mengikuti info yang kita berikan di postingan social media. Hal tersebut tentunya bukanlah sesuatu yang kita inginkan dalam menggunakan social media untuk bisnis.
2. Jumlah Follower atau Fans Tidak Bertambah
Pertambahan fans ataupun follower bukanlah satu-satunya yang acuan dalam menilai keberhasilan dalam social media. Namun, jika follower atau fans kita tidak bertambah sama sekali dalam beberapa waktu, sebagai hasil dari proses marketing yang telah kita lakukan maka kita perlu melakukan evaluasi dari strategi yang kita terapkan. Kita harus melakukan suatu hal yang berbeda dari apa yang telah kita lakukan sebelumnya.
3. Tidak Ada Engagement pada Postingan yang Diupdate
Social media sangat erat hubungan dengan membangun kedekatan dengan para fans dan follower. Namun, apabila postingan kita tidak ada yang respon maka tujuan kita untuk membangun kedekatan dengan para fans dan follower tentu tidak tercapai. JIka hal ini terus kita biarkan maka sama saja seperti kita berbicara di tengah keramaian namun tidak ada orang yang menyimak apa yang kita sampaikan.
4. Autopost Lintas Social media
Karakteristik konten yang baik di Facebook berbeda dengan karakteristik konten yang baik di Twitter, begitu pula karakteristik konten yang baik pada social media yang lainnya. Oleh karena itu, apabila kita melakukan autopost untuk lintas social media maka itu sama saja dengan menghilangkan kesempatan kita untuk lebih dekat dengan calon konsumen kita pada setiap platform social media tersebut.
5. Mengabaikan Sentimen Negatif
Dalam social media sentimen positif dari para fans ataupun follower akan memberikan dampak yang baik untuk merek kita. Namun, sebaik apa pun bisnis yang kita miliki tidak bisa dipungkiri pasti akan tetap ada saja sentimen negatif yang akan muncul. Dan sentimen negatif ini tidak boleh kita diamkan saja, karena apabila hal tersebut terjadi terus – menerus maka bukan tidak mungkin akan membentuk opini publik yang akan mengakibatkan merek kita rusak.