Ada perbedaan yang cukup besar antara
memanfaatkan social media karena hanya mengikuti tuntutan bisnis zaman sekarang
dengan memanfaatkan social media karena kita tahu manfaatnya untuk bisnis
kita. Apabila kita salah dalam memanfaatkan social media maka apa pun
yang kita lakukan di social media tidak akan memberikan dampak apa – apa
pada bisnis kita.
Berikut ini adalah beberapa tanda
bahwa kita telah salah dalam memanfaatkan social
media.
1. Tidak Melakukan Update Secara Berkala
Salah satu hal yang penting diperhatikan
dalam memanfaatkan social media untuk bisnis adalah konsistensi dalam melakukan update
status. Karena apabila fans atau follower yang melihat akun social
media kita tidak melakukan update status dalam waktu yang cukup lama
maka ke depannya mereka akan menjadi tidak tertarik untuk mengikuti info yang
kita berikan di postingan social media. Hal tersebut tentunya bukanlah
sesuatu yang kita inginkan dalam menggunakan social media untuk bisnis.
2. Jumlah Follower atau Fans Tidak Bertambah
Pertambahan fans ataupun follower bukanlah
satu-satunya yang acuan dalam menilai keberhasilan dalam social media.
Namun, jika follower atau fans kita tidak bertambah sama sekali
dalam beberapa waktu, sebagai hasil dari proses marketing yang telah kita
lakukan maka kita perlu melakukan evaluasi dari strategi yang kita terapkan.
Kita harus melakukan suatu hal yang berbeda dari apa yang telah kita lakukan
sebelumnya.
3. Tidak Ada Engagement pada Postingan yang Diupdate
Social media sangat erat hubungan
dengan membangun kedekatan dengan para fans dan follower. Namun, apabila
postingan kita tidak ada yang respon maka tujuan kita untuk membangun kedekatan
dengan para fans dan follower tentu tidak tercapai. JIka hal ini terus
kita biarkan maka sama saja seperti kita berbicara di tengah keramaian namun tidak
ada orang yang menyimak apa yang kita sampaikan.
4. Autopost Lintas Social media
Karakteristik konten yang baik di
Facebook berbeda dengan karakteristik konten yang baik di Twitter, begitu pula karakteristik
konten yang baik pada social media yang lainnya. Oleh karena itu, apabila
kita melakukan autopost untuk lintas social media maka itu sama saja
dengan menghilangkan kesempatan kita untuk lebih dekat dengan calon konsumen kita
pada setiap platform social media tersebut.
5. Mengabaikan Sentimen Negatif
Dalam social media sentimen
positif dari para fans ataupun follower akan memberikan dampak
yang baik untuk merek kita. Namun, sebaik apa pun bisnis yang kita miliki tidak
bisa dipungkiri pasti akan tetap ada saja sentimen negatif yang akan muncul.
Dan sentimen negatif ini tidak boleh kita diamkan saja, karena apabila hal tersebut
terjadi terus – menerus maka bukan tidak mungkin akan membentuk opini publik
yang akan mengakibatkan merek kita rusak.