Saya yakin setiap pebisnis ingin agar konsumennya menjadi pelanggan,
pelanggan berarti konsumen yang terus membeli produk kita secara
berkala. Setelah menjadi pelanggan, pastilah kita juga ingin agar
pelanggan kita tidak pindah ke pesaing. Sangat jelas, jika pelanggan
pindah ke pesaing, maka uang pelanggan juga ‘lari ke pesaing’.
Lalu apa yang harus kita lakukan agar pelanggan tidak pindah ke pesaing
dan terus menjadi pelanggan kita? Berikut beberapa jurus jitunya, mari
simak dan jangan lupa terapkan ya
Jurus 1: Kualitas Prioritas Pertama
Hal paling mendasar untuk membangun loyalitas konsumen dan membuat
pelanggan tidak pindah ke pesaing adalah dengan menjaga kualitas produk
kita. Kualitas produk adalah prioritas utama jika bisnis kita ingin
tetap berkembang. Beberapa hal yang bisa kita lakukan adalah dengan
membentuk tim khusus untuk mengontrol kualitas, biasanya sering disebut
QC (quality control), kemudian buatlah ceklist berisi apa saja
yang perlu dicek untuk memastikan produk yang diterima pelanggan adalah
produk yang berkualitas.
Jurus 2: Milikilah Kelebihan Dibanding Pesaing
Jurus kedua yang sangat penting adalah milikilah kelebihan dibanding
pesaing. Produk yang memiliki kelebihan dibanding pesaing cenderung
lebih banyak dibeli. Kelebihan ini bisa dalam hal ukuran (lebih besar),
fitur (lebih lengkap), harga (lebih murah) ataupun hal lainnya misal
rasa (lebih enak), kemasan (lebih bagus). Hal-hal ini menjadi daya tarik
tersendiri bagi pelanggan supaya tidak beralih ke pesaing dan setia
membeli produk kita.
Jurus 3: Buatlah Inovasi Berkelanjutan
Produk yang melakukan inovasilah yang akan dengan sendirinya membangun
loyalitas konsumen. Kebutuhan konsumen selalu berubah dan cenderung
ingin lebih, oleh sebab itu inovasi dan perbaikan produk perlu
dilakukan. Inovasi bisa dalam hal kemasan, isi (konten), jasa layanan
ataupun cara berkomunikasi (marketing) ke konsumen. Banyak sekali kasus yang terjadi terutama di industri gadget, pelanggan akan dengan mudah pindah ke pesaing karena si perusahaan pembuat gadgetnya tidak berinovasi.
Jurus 4: Ciptakan Varian Baru
Konsumen cenderung cepat bosan, oleh sebab itu penting sekali menerapkan
strategi pengembangan produk. Strategi yang dimaksud disini adalah
pengembangan produk melalui varian-varian baru. Banyak merek-merek besar
yang berhasil mempertahankan pelanggan dikarenakan mereka membuat
varian-varian baru. Misalnya saja produk shampo, ada shampo varian untuk
anti ketombe, varian rambut lembut, dll.
Jurus 5: Buatlah Program Promosi yang Konsisten
Penerapan program promosi sangat diperlukan sebagai salah satu upaya
mempertahankan konsumen. Promosi diskon, paket produk, paket bundling
serta paket dengan harga khusus menjadi salah satu strategi yang
terbukti ampuh membangun loyalitas konsumen. Hal penting yang perlu
diperhatikan dalam melakukan program promosi adalah konsisten, sesuai
dengan target market dan beberapa hal lainnya. Untuk detailnya bisa klik di sini.
Demikian beberapa jurus jitu yang harus dilakukan oleh pelaku bisnis
agar pelanggan tidak pindah ke pesaing. Dari artikel ini, bagaimana
pendapat Anda, apa yang akan Anda lakukan agar pelanggan Anda tidak
pindah ke pesaing?