Langkah pertama sebelum menentukan strategi jualan
untuk produk Anda yaitu menetapkan target jualan. Setiap aktivitas marketing
dan penjualan sangat perlu menetapkan target jualan. Target ini akan menjadi
acuan untuk penetapan rangkaian strategi jualan yang akan kita gunakan.
Penerapan strategi
jualan perlu diterapkan mengacu pada konsep smart (specific, measureable,
attainable, relevant, and timely)
Spesific : Target jualan harus spesifik, jangan terlalu umum.
Measureable : Target jualan harus
terukur.
Attainable : Memungkinkan untuk diterapkan.
Relevant : Relevan sesuai dengan strategi.
Timely : Tentukan periode waktu
dari target jualan.
Menetapkan target jualan memiliki beberapa kegunaan
penting untuk para pebisnis. Target jualan perlu ditetapkan agar pebisnis
memiliki kerangka kerja dan acuan untuk setiap strategi yang ditetapkan. Target
jualan sangat penting ditetapkan sehingga pebisnis memiliki gambaran strategi
jualan apa saja yang akan diambil. Setelah mempunyai target jualan diharapkan
pebisnis juga terpacu untuk mengejar target tersebut dan bahkan bisa
melampauinya.
Tips Untuk Pebisnis
1. Pada saat awal
tetapkan target jangan terlalu tinggi, karena pada saat awal kita belum
mengetahui tren penjualan kita.
2. Target jualan perlu
meningkat secara bertahap, ini merupakan salah satu indikator pertumbuhan
bisnis.
3. Lakukan monitoring
dari proses jalannya penjualan, bandingkan kembali dengan target jualan.
4. Taruh target jualan di
tempat yang mudah terlihat sehingga jadi pemicu semangat pebisnis dan tim
sales.