Pentingnya Target Penjualan


Langkah pertama sebelum menentukan strategi jualan untuk produk Anda yaitu menetapkan target jualan. Setiap aktivitas marketing dan penjualan sangat perlu menetapkan target jualan. Target ini akan menjadi acuan untuk penetapan rangkaian strategi jualan yang akan kita gunakan.

Penerapan strategi jualan perlu diterapkan mengacu pada konsep smart (specific, measureable, attainable, relevant, and timely)

Spesific           : Target jualan harus spesifik, jangan terlalu umum.
Measureable     : Target jualan harus terukur.
Attainable        : Memungkinkan untuk diterapkan.
Relevant          : Relevan sesuai dengan strategi.
Timely             : Tentukan periode waktu dari target jualan.

Menetapkan target jualan memiliki beberapa kegunaan penting untuk para pebisnis. Target jualan perlu ditetapkan agar pebisnis memiliki kerangka kerja dan acuan untuk setiap strategi yang ditetapkan. Target jualan sangat penting ditetapkan sehingga pebisnis memiliki gambaran strategi jualan apa saja yang akan diambil. Setelah mempunyai target jualan diharapkan pebisnis juga terpacu untuk mengejar target tersebut dan bahkan bisa melampauinya.

Tips Untuk Pebisnis
 
1. Pada saat awal tetapkan target jangan terlalu tinggi, karena pada saat awal kita belum mengetahui tren penjualan kita.
 
2. Target jualan perlu meningkat secara bertahap, ini merupakan salah satu indikator pertumbuhan bisnis.
 
3. Lakukan monitoring dari proses jalannya penjualan, bandingkan kembali dengan target jualan.
 
4. Taruh target jualan di tempat yang mudah terlihat sehingga jadi pemicu semangat pebisnis dan tim sales.