Indonesia merupakan salah
satu pengguna terbesar Facebook di dunia. Menurut data terakhir yang
dikeluarkan berbagai lembaga riset, pengguna Facebook di Indonesia sudah hampir
menembus 60 juta pengguna di awal tahun 2014. Jumlah ini tentunya
jumlah yang sangat besar dan banyak potensi yang bisa kita gali dari Facebook.
Hal ini terbukti dengan
banyaknya pebisnis dan pemasar yang mulai menggunakan Facebook untuk memaksimalkan
strategi pemasarannnya. Strategi pemasaran melalui Facebook atau istilah lainnya
adalah Facebook marketing merupakan salah satu strategi pemasaran dengan harga terjangkau
dan efektif jika kita mengerti cara memaksimalkannya.
Yuk simak beberapa tips memaksimalkan
Facebook marketing untuk memaksimalkan kinerja bisnis kita :
1. Gunakan Facebook Fanspage Bukan Facebook Personal
Langkah awal untuk menjalankan
strategi pemasaran melalui Facebook adalah mengetahui karakteristik Facebook itu
sendiri. Didalam Facebook terdapat Facebook personal dan fanspage.
Untuk pemasaran via Facebook, gunakanlah fanspage bukan Facebook personal.
Mengapa Facebook fanspage? Hal ini dikarenakan Facebook personal terbatas
hanya bisa menampung 5000 friends, lain halnya dengan Facebook fanspage,
fanspage bisa menampung friends dalam bentuk like tidak terbatas,
sehingga tidak aneh ada akun merek atau public figure di fanspage yang memiliki jumlah
like mencapai ratusan ribu bahkan jutaan.
2. Buatlah
Perencanaan Konten Facebook
Tips yang penting untuk
memaksimalkan Facebook marketing adalah dengan membuat perencanaan konten. Konten
yang terencana membantu pemasar atau pebisnis untuk menentukan arah strategi konten
pemasaran yang akan dilakukan melalui Facebook. Beberapa contoh perencanaan konten
tersebut bisa berisi kapan status akan dipublish serta isi statusnya.
Berikut ini beberapa
status yang bisa dibuat untuk Facebook marketing, misalnya status update
yang bermanfaat : Berisi tips, link artikel, kutipan,
gambar yang menarik dan berbagai artikel bermanfaat. Kemudian status berisi produk-produk
yang dijual ataupun status update tentang produk atau promo terbaru.
3. Gunakanlah Fitur Penjadwal Status Otomatis
Gunakan fitur yang
disediakan Facebook, fitur ini adalah fitur penjadwal status secara otomatis. Kita
bisa gunakan fitur update status terjadwal ini untuk memudahkan update
status di Facebook saat kita sibuk. Fitur ini adalah fitur penjadwal otomatis yang
berfungsi untuk memudahkan proses update status.
4. Fokuslah Untuk Memperbesar Like
Fokuslah untuk memperbesar
like. Jumlah like adalah
jumlah calon konsumen kita. Semakin besar jumlah like kita maka semakin besar
calon pembeli kita. Buatlah
target jumlah like yang ingin kita peroleh, kemudian jangan lupa lakukan
monitoring, pastikan target yang kita buat dapat tercapai.
5. Gunakan Facebook Ads (Iklan Facebook)
Kita
bisa menggunakan fitur Facebook Ads
dengan harga terjangkau untuk meningkatkan jumlah likes dari fanspage kita.
Facebook Ads ini sangat berguna untuk
mengiklankan produk kita ke target market yang tersegmen misal wanita/pria,
usia tertentu, area tertentu, dll.
6. Lakukan Percakapan
Aktiflah
membangun percakapan dengan fans
kita, percakapan penting untuk membangun relasi dengan calon konsumen. Jika ada
pertanyaan, responlah maksimal 1x12 jam.
7. Mulailah Untuk Jualan dengan Facebook
Untuk jualan, kita
bisa menggunakan banner fanspage,
status gambar. Pastikan jika ada promosi produk, gambar atau posternya harus
jelas dan juga yang tidak boleh dilupakan adalah adanya info kontak informasi
yang bisa dihubungi oleh calon pembeli.
8. Lakukan Facebook Marketing dengan Konsisten
Hal yang penting dalam
strategi pemasaran melalui social media
Facebook ini adalah kita harus konsisten untuk update status. Berdasarkan riset mashable serta pengalaman kami menghandle klien, jumlah efektif update status adalah 4-6 status per hari.
Permasalahan yang kerap
dialami oleh pebisnis pemula adalah seringnya tidak konsisten saat menjalani
strategi Facebook marketing. Salah satu solusi yang bisa dilakukan agar kita konsisten
menjalankan Facebook marketing adalah perlunya rekrutmen orang khusus atau tim
yang nantinya akan bertanggung jawab menangani Facebook kita.
9. Lakukan Pengukuran Efektivitas (Measurement)
Hal yang tidak boleh
dilupakan adalah perlunya melakukan pengukuran secara rutin, fitur pengukuran (measurement) ini dapat ditemukan di
bagian kanan atas (view insight) dari
tampilan fanspage kita. Pengukuran
ini sangat penting untuk evaluasi, serta berperan untuk mengukur sejauh mana
efektivitas strategi pemasaran yang sudah kita lakukan melalui Facebook.